DIABETES ? CEGAH DENGAN TIPS INI | Monday, 27 March 2017

Diabetes merupakan suatu penyakit yang banyak dialami oleh penduduk Indonesia. Menurut Kementerian Kesehatan RI, penderita diabetes di Indonesia diperkirakan mencapai angka 12 juta jiwa.

Seperti yang diketahui, diabetes sangat berkaitan dengan kadar gula di dalam darah. Sehingga, pemilihan jenis makanan dalam menu sehari-hari menjadi faktor yang harus sangat diperhatikan, apalagi jika Anda adalah orang Indonesia.

Pasalnya, makanan pokok orang Indonesia –nasi– adalah sumber kabohidrat, yang dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan bila dikonsumsi berlebihan. Mengejutkan, bukan?

Nah, agar diabetes tidak menyerang di kemudian hari, para ahli menyarankan Anda untuk mengubah gaya hidup sehari-hari. Tidak harus perubahan besar, Anda hanya perlu memperbanyak konsumsi sayuran. Sebab sebagian besar sayuran kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan serat, serta rendah karbohidrat.

Agar manfaatnya lebih terasa, pastikan sayuran tersebut Anda konsumsi sebelum menyantap makanan utama. Misalnya, sebelum makan nasi, Anda bisa makan salad sebagai menu pembuka.

Melakukan hal tersebut akan membuat Anda merasa lebih kenyang. Dengan demikiajn Anda tidak akan mengonsumsi banyak karbohidrat atau makanan tidak sehat lainnya kemudian.

Agar manfaatnya meningkat, pastikan kebiasaan makan sayuran yang Anda lakukan diikuti dengan menghindari makanan berlemak. Perbanyak juga konsumsi buah-buahan serta berolahragalah secara rutin dan teratur. Jika Anda melakukan kebiasaan ini secara berkelanjutan, maka risiko diabetes menurun hingga 60%.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, makan lebih banyak sayuran, agar diabetes tidak menjadi ancaman di masa depan!

sumber : dr. Sara Elise Wijono MRes / klikdokter.com

 

Comments

belum ada komentar

Leave a Comment

  • Nama
  • Mail   
  • Komentar