PUSAT ZAKAT UMAT HADIRI RAKORNAS BAZNAS 2017 DI JAKARTA admin | Thursday, 5 October 2017

BANDUNG-pzu.or.id, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang diselenggarakan pada 4-6 Oktober 2017 akan membahas dan mendorong wacana zakat sebagai instrumen pengurang pajak. Wakil Ketua Baznas Zainulbahar Noor dalam konferensi pers di kantor Baznas Jakarta, Jumat, mengatakan wacana pembayaran zakat bisa mengurangi pajak bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

"Bila bisa direalisasikan, pengurangan pajak diharapkan menjadi insentif bagi muzaki. Terlebih saat ini kesadaran publik membayar pajak meningkat. Di sisi lain, umat Islam yang menjadi wajib zakat juga harus melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik," tutur Zainulbahar.

Dia menjelaskan skema pembayaran zakat jadi instrumen pengurang pajak. Apabila harta atau penghasilan seseorang sebesar Rp1.000.000, dan ia membayar pajak 2,5 persen sebesar Rp25 ribu, maka penghasilan yang dikenakan pajak ialah jumlah penghasilan dikurangi jumlah zakat yang dibayarkan, yakni Rp975.000.

Ketua Panitia Rakornas 2017 yang juga Sekretaris Baznas Jaja Jaelani menjelaskan kegiatan tersebut diikuti 720 peserta dari seluruh Indonesia yang terdiri atas Kementerian Agama, kantor wilayah Kemenag provinsi, Bappenas, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), Kemenko PMK, Kementerian Sosial.

Selanjutnya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, 34 Baznas provinsi, 34 perwakilan biro kesra provinsi, 514 Baznas kabupaten-kota, 16 lembaga amil zakat (LAZ) nasional, sembilan LAZ provinsi, 21 LAZ kabupaten-kota, serta Forum Organisasi Zakat (FOZ).

"Penguatan kedudukan BAZNAS daerah dalam mengoptimalkan pengumpulan dan pendayagunaan zakat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan prioritas utama," ujar Jaja.

Dalam acara Rakornas ini Pusat Zakat Umat (PZU) diwakili langsung oleh Direktur Eksekutif PZU Angga Nugraha S.Kom.I, menurutnya acara ini sangat penting untuk dihadiri baik untuk kemajuan PZU itu sendiri, dan para muzakki PZU.(/RN)

 

 

DONASI ARRUHAMA

Comments

belum ada komentar

Leave a Comment

  • Nama
  • Mail   
  • Komentar