forbidden admin | Saturday, 27 January 2018

CIAMIS-pzu.or.id, Kondisi masyarakat di era globalisasi dan bencana alama saat ini sangatlah memprihatinkan, baik dari segi kesehatan, pendidikan, sandang pangan, dan fasilitas publik banyak yang masih sangat kurang dan membutuhkan begitu pun masyarakat sekitar Dusun Cintaharja Ds. Kujang Kec. Cikoneng-Ciamis yang merupakan lokasi yang lumayan parah terkena dampak gempa bumi yang sampai pada angka 7.3 SR yang melanda Jawa Barat Desember 2017 lalu.

Hari ini Sabtu (27/1/2018) Lazis Amaliah Astra bersinergi dengan Pusat Zakat Umat (PZU) menyalurkan bantuan kemanusian untuk warga di daerah Ciamis tepatnya penyaluran bantuan ini dilaksanakan di Pesantren Nurussalam di Dusun Cintaharja Ds. Kujang Kec. Cikoneng-Ciamis Jawa Barat. Bantuan kemanusiaan ini terdiri dari pengadaan prasarana pendidikan untuk pesantren, pengobatan umum gratis, bantuan alat tulis sekolah dan pemberian makanan tambahan untuk bayi dan balita.

Pusat Zakat Umat bersama LAZ Amaliah Astra kembali melaksanakan program bersama bantuan kepada masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan Bantuan Kamanusiaan "1 DAY 4 JABAR".

Lokasi Ponpes Nurussalam sendiri berada di Desa Kujang Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Bantuan secara langsung diberikan pada hari Sabtu (27/1). Kita tahu bahwa beberapa waktu lalu di Jawa Barat khususnya mengalami gempa yang cukup hebat yang setidaknya cukup meluluh lantahkan bangunan di wilayah Jawa Barat. Tercatat 473 bangunan mengalami kerusakan dari mulai sedang dan berat. Kami memilih wilayah Tasik dan Ciamis karena dua daerah ini yang merasakan dampak yang cukup parah dari peristiwa kemarin.

Bantuan peduli kemanusiaan ini diserahkan secara simbolis oleh Direktur Pendayagunaan Bapak Heri Solehudin yang hadir dalam seremonial pembagian bantuan peduli kemanusiaan tersebut kepada perwakilan penerima bantuan. Pemilihan Ponpes Nurussalam sebagai wilayah distribusi bukan tanpa sebab, pesantren ini mengalami kerusakan yang cukup parah pasca gempa Jabar dan Jateng. Tercatat 3 ruangan roboh, meja dan kursi tertimpa reruntuhan bangunan, maka dari itu bantuan pengadaan prasarana pesantren ini terdiri dari pemberian meja dan kursi sebanyak 40 set, laptop 3 buah, lemari 1 buah dan papan tulis 3 buah, juga diberikannya dana bantuan renovasi dan cat.

Wilayah ciamis merupakan daerah yang terkena dampak kerusakan infrastruktur. Selain bantuan pengadaan prasarana fasilitas pesantren, bantuan kemanusiaan lainnya berupa pengobatan gratis, pangan gratis, alat tulis sekolah gratis dan paket makanan tambahan untuk bayi dan balita.

Adapun rincian paket yang diberikan kepada penerima bantuan sebanyak 400 paket Pangan, 640 Paket alat tulis sekolah, 200 paket makanan tambahan bayi dan balita, juga 600 masyarakat yang menerima pelayanan pengobatan gratis. Sinergitas LAZ Amaliah Astra dan Pusat Zakat Umat merupakan kolaborasi kelima kalinya khususnya dalam bidang penanganan bantuan kebencanaan dan kemanusiaan.

Acara ini berlangsung dari mulai pukul 08.00-12.00 seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar dengan bantuan dari berbagai pihak seperti Kantor Layanan Pusat Zakat Umat daerah Ciamis sebagai tim lokal, juga unsur pemerintahan seperti Aparat Desa Kujang, Asatidz (guru) Ponpes Nurussalam, Puskesmas Kujang, dan seluruh unsur yang ikut membantu mensukseskan agenda kali ini yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Kami ucapkan jazakumullahu khairan katsieron kepada seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi juga membantu jalannya agenda kali ini. Juga pihak Ponpes Nurussalam sebagai penerima bantuan dan seluruh tim Pusat Zakat Umat yang sejak kemarin sudah standby di lokasi.

Terakhir, Kami ucapkan jazakumullahu khairan katsieron kepada LAZ Amaliah Astra sebagai mitra sinergis kami yang selalu mempercayakan agenda-agenda penting programnya kepada Pusat Zakat Umat. Semoga dalam agenda lain kita dapat meningkatkan sinergitas dan silaturahmi serta bersama-sama berjuang untuk kesejahteraan umat.(/RN)

Newsroom : Barman Wahidatan / PZU

 

 

forbidden=

Comments

belum ada komentar

Leave a Comment

  • Nama
  • Mail   
  • Komentar