SAMBUT IDUL ADHA 1438 H PZU UNIT CIHIDEUNG ADAKAN SOSIALISASI admin | Wednesday, 30 August 2017

TASIKMALAYA-pzu.or.id, Pusat Zakat Umat (PZU) Unit Cihideung selenggarakan sosialisasi teknis pengurusan hewan qurban yang bertempat di aula Pesantren Persatuan Islam 7 Cempakawarna pada hari Ahad (27/08/2017).

Acara tersebut mengambil tema “Qurban Sehat, Sesuai Syari’at” dengan menghadirkan Rahmat Wahyudin, S.Pt., MP, MM, peneliti ternak, sebagai pemateri. Rahmat yang juga sebagai kandidat doktor di Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, memaparkan hasil-hasil penelitiannya selama beberapa tahun dibidang peternakan. Mulai dari pengetahuan umum mengenai hewan ternak sampai teknis penanganan hewan qurban yang baik dan benar serta sesuai tuntunan syari’at agama.

PZU Cihideung yang diwakili oleh Fathu Robbani selaku Kadiv. Pendayagunaan menuturkan, digelarnya acara sosialisasi ini mengingat masih minimnya kesadaran masyarakat terutama para penyelenggara qurban dalam memperhatikan aspek teknis penanganan hewan qurban yang benar.

“Selain memastikan keabsahan ibadah qurban para qurbani, penyelenggara qurban pun mesti memperhatikan keamanan dan kesehatan daging qurban yang nantinya akan dikonsumsi oleh masyarakat. Dimulai dari wawasan mengenai hewan qurban, tata cara pengurusan sampai cara pengemasan daging yang mesti diperhatikan oleh pihak penyelenggara.” Ujar Fathu diakhir acara.

“Rencananya, dalam acara ini akan diadakan praktek langsung pengurusan hewan qurban, namun karena beberapa kendala rencana tersebut urung dilaksanakan.” Pungkas Fathu.

Acara tersebut dihadiri oleh para peserta dan tamu undangan dari berbagai wilayah di Kota Tasikmalaya. Tak ketinggalan, para santri Madrasah Tsanawiyyah dan Aliyah di Pesantren Persatuan Islam 7 Cempakawarna pun antusias mengikuti acara tersebut. (/RN)

 

Newsroom : Rahmi Maulani / PZU Unit Cihideung

 

 

 

DONASI ARRUHAMA

Comments

belum ada komentar

Leave a Comment

  • Nama
  • Mail   
  • Komentar