Login

Register

Login

Register

Muhammad Nur Rachman

 

Momen Ramadan 1442 H/2021 M adalah kali keduanya umat Islam menghadapi pandemi Covid-19. Disadari atau tidak, hal itu telah merubah aspek sosial masyarakat. 1,2 juta lebih yang terpapar, sekitar 34 ribu jiwa meninggal dunia sedangkan sisanya berhasil bertahan dan sembuh. Dampak yang tak kalah menjadi perhatian kita semua adalah jumlah masyarakat miskin yang meningkat. Berdasarkan survey BPS per Maret 2020, angka kemiskinan bertambah dengan kenaikan sebesar 0.56% atau mencapai 26,42 juta orang yang sebelumnya per September tahun 2019 di angka 24,79 juta orang. Angka kemiskinan masih didominasi kaum miskin pedesaan (15,26 juta orang) dibanding miskin perkotaan (11,16 juta orang).

Ramadan adalah sarana meningkatkan ibadah mahdoh dan ibadah sosial kita, yakni ibadah yang dapat memberikan banyak kebermanfaatan bagi umat. Setiap muslim harus dapat meraih keberkahannya karena kita yakini bahwa bulan Ramadan ini mendidik kita menjadi seorang manusia yang menghamba kepada Allah (ibadah mahdoh) namun tidak melupakan bahwa kita juga harus menjadi manusia yang manusiawi (ibadah sosial) sehingga kita menyandang derajat takwa.

Pusat Zakat Umat sebagai agen kebaikan ingin memaksimalkan Ramadan tahun ini dengan program yang dapat memberikan kebermanfaatan. Berkah Ramadhan, ialah nama program yang menjadi spirit untuk menebar kebaikan kepada masyarakat di tengah kesulitan yang sedang di hadapi. Pusat Zakat Umat berusaha menjadi sarana dan media (wasilah) untuk mewujudkan hal di atas dengan merangkai sebuah program khusus di bulan Ramadan.

Ramadan bangkitkan negeri; bangkitkan iman, imun, dan aman merupakan suatu spirit yang akan kita bangun di bulan Ramadan kali ini dengan melahirkan beberapa program unggulan untuk memfasilitasi bagi para donatur agar bisa berbagi kepada semua lapisan masyarakat yang terdampak akibat pandemi. Rangkaian program yang akan digulirkan, yakni:

SAMAK (Sebar Makanan Berbuka)

SAKOTAK (Sebar Nasi Kotak)

SAKADO (Sebar Kado)

SAFARI (Sebar Fasilitas Rumah Ilahi)

SARAN (Sebar al-Qur’an) Ramadhan

Program-program tersebut adalah refleksi dari ikhtiar kami untuk sama-sama membangkitkan ke­imanan selama bulan Ramadan, membangkitkan imunitas selama bulan Ramadan, dan membangkit­kan rasa keamanan untuk menyambut Hari Raya Iedul Fitri nanti dengan memberikan masker dan handsanitizer bagi para jamaah atau penerima manfaat.

Rencana target penerima manfaat untuk program Berkah Ramadan ini ialah sebanyak 420.000 penerima manfaat yang akan disebar ke beberapa daerah pelosok yang ada di Indonsesia dan target menghimpun program ini sebesar Rp. 42.000.000.000. Maka dari itu, kami mengajak kepada seluruh para aghnia dan donatur untuk sama-sama berikhtiar dalam rangka membangkitkan negeri, terkhusus di bulan Ramadan dengan menitipkan zakat, infak, dan sedekahnya melalui Pusat Zakat Umat.

Waallahu ’Alam bis Shawab

 

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB