www.pzu.or.id, Majalengka, Budidaya Jamur Tiram  yang merupakan salah satu dari Program Unggulan Kampung Bangkit Pusat Zakat Umat sempat mengalami krisis. Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap budidaya jamur tiram. Salah satu penyebabnya karena penurunan permintaan pasar dan daya beli masyarakat yang anjlok. Sebelum memasuki masa pandemi, panen mencapai 35kg sampai 50 kg per hari. Namun, saat ini hanya mencapai sekitar 10-12kg per hari.

Namun demikian, sedikit demi sedikit pemulihan dilakukan oleh para petani jamur dengan cara peningkatan produksi, peningkatan kapasitas SDM. Langkah lain yang ditempuh adalah dengan menganalisis potensi pasar serta penyesuaian strategi pemasaran. Keberadaan budidaya jamur ini sangatlah penting mengingat hasil dari jamur ini menjadi salah satu pondasi untuk berbagai kegiatan pemberdayaan di Pesantren Persis 138 Cikijing, Majelengka.

Saat pemulihan sedang dilakukan, Pusat Zakat Umat mendapatkan dukungan dalam penguatan program Kampung Bangkit Budidaya Jamur Tiram di wilayah Cikijing dari PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). Dukungan PT RNI tersebut menjadi peluang baik dalam memulihkan program pemberdayaan masyarakat di Desa Sindang, Kec. Cikijing-Majalengka.

Target ke depannya, melalui Program Kampung Bangkit Budidaya Jamur Tiram ini, selain proses budidaya, dikembangkan juga potensi jamur untuk menjadi makanan olahan dan siap santap. Dengan demikian, diharapkan ke depannya melalui program tersebut bisa menyerap tenaga kerja di lingkungan masyarakat Desa Sindang, Kec. Cikijing, Kab. Majelengka.

Kami memohon doa dan dukungannya dari para donatur sekalian untuk keberlangsungan usaha budidaya jamur ini bisa terus memberi manfaat bagi pesantren dan menjadi mata pencaharian dan meningkatkan perekonomian warga sekitar. Tidak lupa juga kami ucapkan beribu terima kasih kepada banyak pihak atas segala dukungan yang diberikan melalui Pusat Zakat Umat sehingga program pemberdayaan masyarakat di Kab. majalengka masih terus berlangsung dan berkembang.

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB