Bandung-pzu.or.id, Sebagaimana diketahui, saat ini sudah memasuki tahun ketiga masa pandemi covid-19 yang dampaknya masih sangat terasa dalam berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali bagi lembaga tempat kami bernaung yaitu Pusat Zakat Umat, dan untuk kedua kalinya Pusat Zakat Umat melaksanakan kembali Rapat Kerja Nasional (Rakornas) yang mâna  Rakornas ini merupakan pengganti Musykernas (Musyawarah Kerja Nasional) namun khidmatnya acara ini tidak ada bedanya.

Rakornas ini dilaksanakan pada hari Selasa hingga Rabu (25-26 Januari) yang seperti tahun tahun sebelumnya dilaksanakan di Hotel Antik Soreang Kab. Bandung dan peserta Rakornas ini dihadiri oleh Semua amilin PZU Pusat dan Kantor Perwakilan, Kantor Layanan dan Kantor Layanan Pembantu yang mana diwakilkan oleh satu orảng perwakilan, mengingat masih masa pendemi. Rakornas tahun ini mengusung tema “Konsolidasi dan Penguatan, peluang serta tantangan Gerakan Zakat kedepan” yang mana tantangan terbesar yaitu menyadarkan masyarakat sadar akan zakat, menyadarkan wajibnya zakat.

Sambutan pertama di sampaikan oleh ketua OC Rakornas Barman Wahidatan, “Dengan spirit pasca audit syari’ah lembaga. Momentum rakornas tahun ini adalah momentum konsolidasi dan penguatan lembaga, dalam menghadapi tantangan dan peluang gerakan zakat kedepan”ungkapnya. Dilanjutkan oleh Direktur Utama PZU Dr. H. Ahmad Hasan Ridwan M.Ag menurutnya “pentingnya laporan keuangan yang auditable, Laporan konsolidasi keuangan yang bisa diaudit, catatan penting tahun ini, Kita berkomitmen untuk membuat laporan bulanan dan tahunan”, dibuka dan di resmikan oleh Sekum PP Persis Dr. H. Haris Muslim, Lc. MA beliau mengatakan bahwa “Kita harus sinergi bukan hanya dalam aksi, tapi juga dalam administrasi” PP Persis menilai PZU memerankan peran yang sangat baik, kondisi sekarang merupakan lahan amal Sholeh bagi PZU, dengan kondisi sekarang dengan musibah yang ada, PZU dapat banyak membuat program program yang bisa menebar kebermanfaatan bagi Umat.

Acara selanjutnya diisi dengan keynote speech Drs. H. Tarmizi Tohor M.A Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Ditjen Bimas Islam Kemenag RI dan dilanjutkan dengan sesi materi tentang Audit Syariah Kemenag RI dan Upgrading Fundrising oleh Prof. Sigit Iko. Rakonas ini juga dihadiri oleh semua keluarga besar Persis diantara nya dari PP Persis, PP Persistri, PP Pemuda, PP Pemudi, PP IPP (Ikatan Pelajar Persis), PP IPPI (Ikatan Pelajar Persis Putri).

Musykernas dan Rakornas ini menjadi bukti bahwa Pusat Zakat Umat sebagai salah satu Lembaga Zakat Nasional terus berusaha memberikan yang terbaik untuk Umat, memberikan secercah kebahagiaan untuk umat. Dan tentunya Semoga kegiatan ini memberi inspirasi dan motivasi bagi seluruh amilin Pusat Zakat Umat baik Pusat,Perwakilan, Kantor layanan dan layanan pembantu dan kedepannya dapat lebih semangat membantu umat. Aamiennn ya Robbalaalamien.

 

Mari Bangkit Bersama untuk Pusat Zakat Umat yang lebih baik !!!

Newsroom : RNH/PZU