Majelis Ulama Indonesia bersama para Dewan Syariah LAZNAS menggelar sebuah agenda forum tahunan Muntada Sanawi DPS LAZNAS II Tahun 2022  yang Berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 16-17 November 2022 di Hotel Grand  Sahid Jakarta, Muntada Sanawi merupakan momentum shilaturrahim juga koordinasi Tata Kelola dan Pengawasan Syariah pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) di Indonesia.

Al-ustadz DR.H. Haris Muslim, Lc., MA selaku Dewan Pengawas Syariah Laz PERSIS yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa ini adalah forum yang sangat strategis sebagai ajang silaturahim sesama DPS dari seluruh LAZ, untuk menggali problematika pengawasan syari’ah di setiap LAZ, curah gagasan tentang peran DPS sebagai pengawal syariah compliance di lembaga zakat, khususnya di tengah problematika zakat kontemporer dan inovasi-inovasi program distribusi dan pendaya gunaan zakat dari lembaga-lembaga zakat. Muara dari pertemuan ini adalah penguatan peran DPS sendiri di setiap LAZ, demikian juga dipandang perlunya semacam forum atau asosiasi DPS LAZ.

Sementara itu Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh, menyampaikan bahwa kegiatan Muntada Sanawi Dewan Pengawas  Syariah Lembaga Amil Zakat (DPS LAZ) ke 2 yang diselenggarakan Komisi Fatwa MUI ingin memastikan pengelolaan zakat yang terstandard dan syar’i.

“Dalam pengelolaan zakat, bisa jadi penerjemahan hukum syar’i ada perbedaan, tetapi dalam pengawasan untuk kepastian hukum itu perlu rujukan bersama, sehingga praktek pengelolaan zakat bisa mengikuti standard yang sama, jika ada pengawasan eksternal maka dengan mudah ditentukan sudah atau tidak pengelolaannya, ”

“Dewan Pengawas  Syariah bagian tidak terpisahkan dari ‘Aamil di LAZNAS khususnya dalam menentukan kesesuaian prinsip syariah, harapannya forum ini komitmen untuk sinergi dan akselerasi kemaslahatan umat, ” ujarnya.

Muntada Sanawi kali ini adalah pertemuan Komisi Fatwa dengan 59 DPS LAZ serta pemangku kepentingan zakat seperti BAZNAS dan Kementerian Agama. Hadir dalam pertemuan ini Ketua BAZNAS Prof Noor Achmad, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Prof Kamaruddin Amin, Wakil Ketua Umum MUI KH Marsudi Syuhud, Sekretaris Jenderal MUI Buya Amirsyah Tambunan, Ketua Komisi Fatwa MUI KH Junaedi, Sekretaris Komisi Fatwa KH Miftahul Huda.

Semoga dengan terselenggaranya acara tersebut semakin membuat lembaga zakat lebih kredibel, amanah dan semakin dipercaya masyarakat.