pzu.or.id. Tasikmalaya – Pusat Zakat Umat Kantor Layanan Kabupaten Tasikmalaya melakukan prosesi pelantikan terhadap 2 gerai. Kedua gerai tersebut merupakan PZU Gerai Kecamatan Kadipaten dan PZU Gerai Kecamatan Rajapolah. Kegiatan pelantikan di Gedung Dakwah Al-Ittihad Jalan Raya Ciawi-Tasikmalaya KM. 03 Sukaroya RT 04 RW 05 Karangresik Jamanis Kabupaten Tasikmalaya pada hari Ahad, 07 Maret 2021.

PZU KL Kabupaten Tasikmalaya berharap ada progres penghimpunan setelah dilantiknya 2 gerai ini, terutama di Kecamatan Kadipaten yang merupakan gerai baru.

“Kami berharap dengan dilantiknya 2 gerai ini bisa menambah penghimpunan dan pendayagunaan terutama dalam pelaporannya ke PZU KL Kabupaten Tasikmalaya,”kata H. Agung.

“Sebenarnya selama ini penghimpunan dan penyaluran zakat sudah dilakukan oleh Kadipaten dengan pengeloaan dilakukan langsung oleh Bidang Garapan Zakat pimpinan Cabang Persatuan Islam Kadipaten,” ujar Ust. Mahyudin selaku kepala gerai Kadipaten yang baru dilantik.

Susunan tasykil PZU Gerai Kecamatan Kadipaten terdiri atas 4 orang, yaitu Kepala Gerai, Mahyudin, Staf Keuangan, Saefullah Ansyary, Staf Pendayagunaan, Mumun As-Salam, dan Staf Penghimpunan, Taufik Hidayatulloh. Keempat orang tersebut dilantik dengan cara dibaiat langsung oleh H. Agung Baehaqi, S.E. selaku Kepala PZU KL Kabupaten Tasikmalaya setelah dilakukan pembacaan SK dari PZU Pusat nomor 027/S.Kep/PZU/III/2021 yang ditandatangani oleh Direktur Eksekutif PZU Pusat, Angga Nugraha, S.Kom.I.

Sementara susunan tasykil PZU Gerai Kecamatan Rajapolah terdiri atas 8 orang, yakni Kepala Gerai, Dade Saefuddin, Staf Keuangan, Aay Aisyah, S.Pd., Staf Pendayagunaan, Aen Sudrajat dan Aef Saefurrahman, Staf Penghimpunan, Wawan Setiawan, Samsu Suparman, Heni Rohaeni, dan Maya Puspa Azizah. Kedelapan orang tersebut dilantik dengan cara dibaiat langsung oleh H. Agung Baehaqi, S.E. selaku Kepala PZU KL Kabupaten Tasikmalaya setelah dilakukan pembacaan SK dari PZU Pusat nomor 026/S.Kep/PZU/III/2021 yang ditandatangani oleh Direktur Eksekutif PZU Pusat, Angga Nugraha, S.Kom.I.

“Gerai-gerai yang ada di tiap Pimpinan Cabang harus menjadi motor penggerak jamiyyah, sebab PZU merupakan lembaga milik jamiyyah,” ujar Muslih Suhendar selaku Kepala Divisi Pendayagunaan saat menjelaskan fungsi gerai.

“Setiap gerai memiliki wewenang yang sah berdasarkan SK Menteri Agama R.I. No. 856 tahun 2016 untuk melakukan penghimpunan dan pendayagunaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS),” ujar Evi Lutfia Rosidah sebagai Kepala Divisi Penghimpunan.

Ditanya mengenai kesiapan menjadi tasykil PZU Gerai, Taufik Hidayatulloh menyatakan siap menjadi amilin yang amanah.

“Kami siap melaksanakan tugas-tugas sebagai amilin PZU, siap memegang prinsip amilin PZU yang amanah dan professional, siap memberikan pelayanan prima dan optimal kepada umat, serta kami wajib patuh dan taat pada peraturan dan keputusan dari pimpinan,” kata Kang Taufik.

Prosesi pelantikan dihadiri juga oleh Bidang Garapan Zakat Pimpinan Daerah Persatuan Islam Kabupaten Tasikmalaya, Ade Taufiq, S.Ag. (/MF)

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB