–pzu.or.id– Pusat Zakat Umat (PZU) nama lain dari Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (LAZ PERSIS) kembali menerima izin operasional secara seremonial dari Kementerian Agama Republik Indonesia di Hotel Horison, Jl. Pelajar Pejuang 45 No.121 Bandung, Sabtu (18/6).

Penyerahan Surat keputusan izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia dilaksanakan dalam  acara Seminar Internasional yang merupakan acara penyerta muktamar Persatuan Islam. SK diserahkan secara langsung oleh Hj. Andi Yasri Kasubdit Kelembagaan Informasi Zakat dan Wakaf Direktorat Pemberdayaan  Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Republik Indonesia  dan diterima oleh Direktur Utama Pusat Zakat Umat DR. H Ahmad Hasan Ridwan, M.Ag.

Surat keputusan izin operasional terbaru PZU tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 425 Tahun 2022 tentang Pemberian Izin kepada Perkumpulan Persatuan Islam sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional.

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia tersebut menjadi tanda legalnya aktivitas PZU dalam mengelola dana zakat, infak, shadaqah, dan dana sosial keagamaan lainnya secara nasional. Hal tersebut tak lepas dari berhasil terpenuhinya berbagai syarat dari Kementerian Agama Republik Indonesia oleh Lembaga Amil Zakat (Pusat Zakat Umat) untuk menjalankan aktivitasnya secara nasional sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional diantaranya melakukan audit keuangan setiap tahun oleh akuntan publik dan audit syariah oleh Irjen Kementerian Agama Republik Indonesia dan Alhamdulillah Lembaga Amil Zakat (Pusat Zakat Umat) berhasil menghimpun 64.689.217.983 milliar ditahun 2021, dimana bahwa untuk menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional min harus menghimpun dana 50 milliar.

PZU selalu siap berkomitmen menjalankan amanah berupa izin operasional yang diberikan dengan menjalankan aktivitas sesuai dengan syariat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah. Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia tersebut akan menjadi tambahan motivasi bagi Lembaga Amil Zakat (Pusat Zakat Umat) dalam meningkatkan pelayanan terhadap umat. Hal tersebut pun tertuang dalam moto perjuangan yakni “Menyelamatkan zakat umat dan menyelamatkan umat dalam berzakat”.

Dengan terpenuhinya syarat izin operasional, PZU berhasil membuktikan bahwa aktivitasnya berjalan sesuai dengan syariat dan regulasi yang ditetapkan pemerintah Republik Indonesia. Hal senada pun diungkapkan oleh Ketua Umum Persatuan Islam, K.H. Aceng Zakaria dalam sambutannya, “Dengan diperolehnya izin operasional skala nasional dari Menteri Agama Republik Indonesia, Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (Pusat Zakat Umat) lagi-lagi membuktikan bahwa kebermanfaatan aktivitasnya  berada di skala nasional, dan bahkan skala internasional dan mudah-mudahan ke depan keberadaannya bisa lebih bermanfaat dalam pemberdayaan umat khususnya bagi jamiyyah persatuan islam umumnya untuk umat yg berada di Indonesia dan Dunia”.

PZU siap membuktikan diri sebagai lembaga yang unggul dan kompetitif dalam pemberdayaan umat. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (Pusat Zakat Umat) Dr. H. Ahmad Hasan Ridwan, M.Ag.

“Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (Pusat Zakat Umat) akan terus meningkatkan profesionalitas kelembagaan dan menjaga transparansi supaya menjadi lembaga yang unggul dan kompetitif dalam pemberdayaan umat sehingga menjadi salah satu sayap dalam menopang dakwahnya Persatuan Islam” ujar Direktur utama PZU.

Direktur Eksekutif Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (Pusat Zakat Umat), Angga Nugraha S.Kom.I pun menuturkan, “ Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (Pusat Zakat Umat) siap berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak guna terciptanya kesejahteraan umat.” Hal tersebut disadari, bahwa upaya penyejahteran umat memerlukan banyak energi sehingga butuh kolaborasi dan sinergi dengan banyak pihak yang solid dalam perjuangannya.

 

2,5% itu kecil tapi bermakna

“Harta tidak akan berkurang karena sedekah dan tidaklah Allah menambah bagi hamba yang pemaaf kecuali kemuliaan dan tidaklah orang yang berlaku tawadhu’ karena Allah melainkan Dia akan meninggikannya,” HR. Muslim.

 

Zakat Sekarang

 

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB