www.pzu.or.id, Puasa Ramadhan bukan hanya sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, namun menjalankan ibadah puasa pun bisa memberi kita kesehatan.

Berpuasa akan memberikan kita banyak hikmah, yang seharusnya melekat selamanya dan menjadi pola kehidupan sehari-hari yang lebih baik setelah selesai ramadhan.

Hikmah dari menjalankan ibadah puasa:

  1. Melatih diri melawan hawa nafsu
  2. Mengajarkan untuk hidup sederhana
  3. Menjaga kesehatan
  4. Melatih diri membiasakan istiqomah beribadah

Setelah puasa selesai, sudah seharusnya kita tetap menjalankan pola makan yang baik, karena melalui puasa kita sudah memperbaik kondisi  tubuh kita.

Berikut ini manfaat yang kita dapatkan jika kita menjalankan puasa:

Memperbaiki Gula Darah

Puasa membawa manfaat bagi mereka yang mengidap diabetes karena dapat membantu mengurangi resistensi terhadap insulin serta kadar gula darah berlebih. Hal ini bisa terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

Mengurangi Kolesterol Tubuh

Manfaat puasa yang kedua dapat dirasakan pada kadar kolesterol tubuh. Pasalnya, puasa mampu mengurangi kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins). Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kolesterol menghambat arteri dan mengakibatkan komplikasi, seperti serangan jantung.

Mengurangi Lemak Tubuh

Terkadang, dokter akan mendorong Anda mengurangi lemak tubuh atau menurunkan berat badan demi menghindari risiko penyakit tertentu, seperti hipertensi, stroke, serta penyakit jantung. Jika Anda sedang mengurangi lemak karena alasan kesehatan, puasa dapat membantu meredakan asupan kalori Anda dan mendorong tubuh untuk membakar lemak berlebih.

Menjadi Metode Detoks

Selanjutnya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) juga menyatakan bahwa manfaat puasa salah satunya adalah untuk mendorong proses detoksifikasi. Detoksifikasi berguna dalam membuang toksin atau zat-zat buruk yang tidak bermanfaat bagi tubuh kita.

Mengurangi Peradangan

Saat sistem imun tengah melawan infeksi, peradangan pada tubuh merupakan hal yang wajar. Tetapi, selain tidak terasa nyaman, peradangan yang terus berlanjut justru akan berujung pada penyakit lain, seperti diabetes atau penyakit jantung. Untungnya, puasa juga dapat mengurangi radang pada tubuh.

Membantu Menghentikan Merokok

Pendapat seputar merokok dapat membatalkan puasa ada beragam. Namun, Anda bisa memanfaatkan berpuasa untuk mengurangi dan bahkan menghentikan kebiasaan merokok. Selain untuk meningkatkan pengalaman berpuasa, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit seperti kanker paru-paru.

Sumber: Berita kbb. pikiran.rakyat

Photo by Nick Fewings on Unsplash

 

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB