Login

Register

Login

Register

Gaza – Pusat Informasi Palestina + -+- Hampir setiap hari di bulan Ramadhan, Hajjah Umm Ibrahim (66 tahun) pergi ke pasar di Khan Yunis untuk membeli selada air hijau. Hal itu dia pertahanan setiap hari setiap bulan Ramadhan sejak dia berada di rumah ayahnya yang kala itu masih menjadi seorang gadis kecil. Demikian dia menceritakan.

Selada air hijau (nama ilmiah: Eruca) adalah jenis tanaman berbunga dari keluarga Brassicaceae, asli wilayah Mediterania. Ada ketidaksepakatan tentang jumlah spesies untuk jenis ini. Beberapa ahli berpendapat hanya satu spesies, sementara yang lain mengatakan hingga lima spesies.

Saat ditemui koresponden Pusat Informasi Palestina di sudut pasar tempat penjual selada air berdiri, Umm Ibrahim menyatakan bahwa yang membedakan bulan Ramadhan adalah serbuan orang untuk membeli “selada air” sehingga “mereka menghiasi meja makan mereka dengan selada air, menghijaukan perut mereka yang berpuasa lebih dari 14 jam sehari. “Selada air hijau ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar,” katanya.

Mahmud Salem (42 tahun), salah seorang penjual selada air, mendukung apa yang dikatakan Umm Ibrahim. Menurut pendapatnya, adalah penting selada air dan sayuran daun menyertai santapan Ramadhan. Dia menambahkan, “Selada air ini memiliki manfaat yang besar dan sangat penting, serta menyegarkan perut setelah berjam-jam puasa.”

Manfaat yang sangat besar

Selada air adalah salah satu tanaman berdaun hijau. Tanaman ini merupakan bahan salad hijau yang paling terkenal, terutama di negara-negara Arab. Ayuran ini memiliki banyak kegunaan obat, terapeutik dan estetika.

Selada air merupakan salah satu sayuran terpenting yang digunakan untuk makan, terutama untuk kesehatan manusia. Karena sangat kaya akan mineral seperti seng, besi, fosfor, kalsium, yodium, dan sulfur, serta mengandung banyak vitamin penting, karena mengandung serat, betakaroten dan asam folat, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Menurut para ahli, selada air merupakan makanan yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan. Sayuran ini mengandung klorofil, yang berfungsi untuk merangsang sistem pencernaan untuk mengeluarkan enzim yang membantu proses pencernaan, bekerja sebagai pencahar alami yang melindungi tubuh dari sembelit, berfungsi untuk membersihkan perut dari bakteri dan kuman yang menginfeksi lambung dan salurannnya, serta mengurangi risiko kanker usus besar, karena mengandung serat.

Sumber rezeki

Di seluruh pelosok pasar Gaza, para pemuda menjual selada air dalam ratusan ikat sehari, sehingga sebagian dari mereka kehabisan barang sebelum hari berakhir.

Menurut Khaled Husni (30 tahun), salah satu penjual selada air, warga Gaza lebih suka membelinya paling lambat satu jam sebelum matahari terbenam. Agar tetap terlihat segar dan hijau seperti yang disukai orang.

Setelah adzan dzuhur, Mahmud (15 tahun), pergi ke pasar Firas – salah satu pasar lama paling terkenal di Gaza – dengan gerobaknya membawa ratusan bundel selada air, yang oleh warga Gaza disebut “rooka”, bersama dengan bundel-bundel sayuran belalang hijau (Locusta) dan mint, sehingga dia dapat menghiasi keretanya dengan sauran tersebut dan menjadi tujuan para pembeli.

Dia menambahkan, “Ini adalah satu-satunya sumber mata pencaharian saya di bulan Ramadhan dan selain Ramadhan. Alhamdulillah, Ramadhan adalah bulan kebaikan dan berkah, ketika orang semakin membutuhkan selada air dan sayuran berdaun.” (was/pip)

Baca lebih lanjut di https://melayu.palinfo.com/17919 @Copyright Pusat Informasi Palestina,All right reserved

 

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB