KESDM Badan Geologi PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Semeru Yuda Prinardita Pura mengimbau agar warga diradius satu kilo meter dari Gunung Semeru diminta segera mengevakuasi diri.

“Masyarakat, pengunjung, wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 1 km dari kawah, puncak Gunung Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor tenggara-selatan,” ujarnya seperti diterima jatimnow.com, Sabtu (4/12/2021)

Selain itu warga disekitar juga dihimbau menjauhkan diri dari kawasan sungai, dimana titik turunnya material erupsi Semeru.

“Serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai, lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru,” katanya.

Sebelumnya, semburan awan panas Semeru, juga membuat warga Dusun Curah Koboan, Desa Supit Urang, Kecamatan Poronojiwo, Kabupaten Lumajang, panik dan berhamburan.

Selain itu, dalam video yang beredar di media sosial, terlihat kepanikan warga yang berhamburan di tengah terjadinya semburan abu vulkanik.

Guyuran abu vulkanik disertai hujan intensitas ringan, membuat pemukiman, kendaraan dan fasilitas umum di Dusun Curah Koboan gelap karena tertutup abu.

sumber berita : https://www.republika.co.id/

 

donasi untuk kemanusiaan https://kitasaudara.org/program/persis_peduli

Donasi untuk saudara kita yang terkena musibah
BSI: 711.2222.507
Kode Bank: 451
An Pusat Zakat Umat

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB